Sabtu, 21 Maret 2015

Belajar dan Pembelajaran


a.      Perbedaan Model Pembelajaran Dengan Metode Pembelajaran
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan,langkah- langkah, dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran.Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.

b.      Perbedaan antara belajar  dan pembelajaran
Belajar adalah proses mencari, memahami, menganalisis suatu keadaan sehingga terjadi perubahan perilaku, dan perubahan tersebut tidak dapat dikatakan sebagai hasil belajar jika disebabkan oleh karena pertumbuhan atau keadaan sementara.
Sedangkan pembelajaran adalah usaha mengorganisasikan lingkungan belajar sehingga memungkinkan siswa melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar tertentu yang akan mendukung pembelajaran itu nantinya.
c.       Perbedaan antara ilmu dan pengetahuan
Pengetahuan adalah keseluruhan pemikiran, gagasan, ide, konsep, dan pemahaman yang dimiliki manusia tentang dunia dan segala isinya, termasuk manusia itu sendiri dan kehidupanya. sedangkan ilmu adalah ilmu pengetahuan khusus dimana seseorang mengetahui apa penyebab sesuatu dan mengapa, dengan kata lain ilmu adalah hasil daripada kajian trhadap sesuatu perkara.

d.      Pengertian Ilmu Pengetahuan

          Ilmu pengetahuan adalah keseluruhan system pengetahuan manusia yang telah dilakukan secara sistematis.

Ilmu Pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai objek dan tujuan  tertentu dengan sistim, metode untuk berkembang serta berlaku universal yang dapat diuji kebenarannya.

e.       Teori – Teori Dari Beberapa Para Ahli

NO
NAMA PARA AHLI
ISI TEORI
1.


















2.

















3.




















4.
















5.






6.










7.






















8.





Robert M. Gagne


















Ausubel

















Jean Piaset




















Bruner
















Reigeluth






Edward Lee Thorndike










Edwin Gutrie






















Abraham Maslow










           Teori pemprosesan informasi . berpendapat bahwa belajar dipandang sebagai proses pengolahan informasi dalam otak manusia. Sedangkan pengolahan otak manusia sendiri terdiri dari : Reseptor (alat indera),Sensory register (penempungan kesan-kesan sensoris), Short term memory ( memory jangka pendek),Long Term memory (memori jangka panjang),dan Response generator (pencipta respon).
           Gagne membedakan delapan tipe belajar yang menurut kesukarannya dari yang sederhana sampai kompleks yaitu : Belajar isyarat (signal learning), Belajar stimulus respon (stimulus respon learning), Rangkaian gerak (motor chaining), Rangkaian verbal (verbal chaining), Belajar membedakan (different learning), Belajar konsep (konsep learning), Belajar aturan (rule learning)dan Pemecahan masalah (problem solving).
 
        Teori Belajar Kognitivistik dan Penerapannya. Berpendapat bahwa siswa akan belajar dengan baik jika isi pelajarannya didefinisikan dan kemudian dipresentasikan dengan baik dan tepat kepada siswa (advanced organizer), dengan demikian akan mempengaruhi pengaturan kemampuan belajar siswa.
           Advanced organizer adalah konsep atau informasi umum yang mewadahi seluruh isi pelajaran yang akan dipelajari oleh siswa. Advanced organizer memberikan tiga manfaat yaitu : Menyediakan suatu kerangka konseptual untuk materi yang akan dipelajari,Berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan antara yang sedang dipelajari dan yang akan dipelajari dan
dapat membantu siswa untuk memahami bahan belajar secara lebih mudah.

           Teori belajar kognitivistik dan penerapannya. Piaset berpendapat bahwa proses belajar sebenarnya terdiri atas tiga tahapan yaitu : pertama, Asimilasi yaitu proses pengintegrasian informasi baru ke struktur kognitif yang sudah ada. Kedua , Akomodasi : proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi baru. Dan ketiga,Equilibrasi : penyesuaian yang berkesinambungan antara asimilasi dan akomodasi.
            Piaget juga mengemukakan bahwa proses belajar harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif yang dilalui siswa. Proses belajar yang dialami seorang anak berbeda pada tahap satu dengan tahap lainnya yang secara umum semakin tinggi tingkat kognitif seseorang maka semakin teratur dan juga semakin abstrak cara berpikirnya. Oleh karena itu guru seharusnya memahami tahap-tahap perkembangan kognitif anak didiknya serta memberikan isi, metode, media pembelajaran yang sesuai dengan tahapannya.

   Teori deskriptif atau perspektif. Burner  mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah perspektif dan teori belajar adalah deskriptif. Perspektif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan teori belajar bersifat deskritif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar.
     Teori free discovery learning. Teori ini menjelaskan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu aturan termasuk konsep, teori, ide, definisi dan sebagainya melalui contoh-contoh yang menggambarkan atau mewakili aturan yang menjadi sumbernya.

Teori deskriptif atau perspektif. Reigeluth mengemukakan bahwa teori perspektif adalah goal oriented sedangkan teori deskriptif adalah goal free. Maksudnya adalah bahwa teori pembelajaran perspektif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori belajar deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil.
     Teori Belajar Behavioristik (Teori Koneksionisme). Edward mengemukakan bahwa belajar merupakan peristiwa terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut stimulus (S) dengan respon (R ). Stimulus adalah suatu perubahan dari lingkungan eksternal yang menjadi tanda untuk mengaktifkan organisme untuk beraksi atau berbuat sedangkan respon dari adalah sembarang tingkah laku yang dimunculkan karena adanya perangsang.

          Teori belajar Behaviorisme. Edwin  berpendapat bahwa tingkah laku manusia dapat diubah, tingkah laku baik dapat diubah menjadi buruk dan sebalkinya tingkah laku buruk dapat diubah menjadi baik. Teori Gutrie berdasarkan atas model penggantian stimulus satu ke stimulus yang lain. Tiga metode pengubahan tingkah laku ang dikemukakan Gutrie antara lain: Metode respon bertentangan. Misalnya jika anak takut terhadap sesuatu, misalnya kucing, maka letakkan permainan yang disukai anaka dekat dengan kucing. Dengan mendekatkan permainan anak pada kucing lambat laun anak tidak akan takut lagi pada kucing.
Metode membosankan. Misalnya seorang anak mencoba-coba mengisap rokok, minta kepadanya untuk mengisap rokok terus sampai bosan, setelah ia bosan ia akan berhenti merokok dengan sendirinya.
Metode mengubah tingkah laku. Jika anak bosan belajar, ubahlah lingkungan belajarnya dengan suasana lain dengan yang lebih nyaman dan menyenangkan, sehingga ia merasa tertarik untuk belajar.
  
       Teori belajar humanistik. Maslow mengemukakan bahwa individu berperilaku dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat hirarkis. Artinya bahwa Pada diri masing-masing orang mempunyai berbagai perasaan takut seperti rasa takut untuk berusaha atau berkembang, takut untuk mengambil kesempatan, takut membahayakan apa yang sudah ia miliki dan sebagainya, tetapi di sisi lain seseorang juga memiliki dorongan untuk lebih maju ke arah keutuhan, keunikan diri, ke arah berfungsinya semua kemampuan, ke arah kepercayaan diri menghadapi dunia luar dan pada saat itu juga ia dapat menerima diri sendiri(self).


DAFTAR PUSTAKA

Neli .2009.http://209.85.175.132/search?q=cache:57Ip5H61RWsJ:one.indoskripsi.com/judul-skripsi-makalah-tentang/teori-belajar konstruktivisme+teori+belajar+bermakna&hl= id&ct=clnk& cd=6&gl=id&client=firefox-a (Update-20 Feb2009)
Toto, 2011. http//bachtiar-toto.blogspot.com/2011/teori-gagne/


Semoga  Bermanfaat... Salam Sukses :-)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar